Thursday 10 January 2019

Pesona Canopy Bridge Bukit Bangkirai Balikpapan Kalimantan Timur

GoodBackpacker - Pulau Kalimantan merupakan pulau yang sangat eksotis dengan alamnya yang indah dan berbagai objek wisata wisata yang dimiliki, seperti  obyek wisata Hutan Hujan Tropis yang lebih sering di kenal dengan Bukit Bangkirai yang memiliki Hutan Hujan tropis yang masih sangat alami.

Pesona Canopy Bridge Bukit Bangkirai Balikpapan Kalimantan Timur
Canopy Bridge Bukit Bangkira
Bukit Bangkirai merupakan objek wisata yang menyuguhkan suasana Hutan Hujan Tropis (Tropical Rain Forest) yang sudah sangat jarang di temui.

Baca juga : Wahana Baru Batu Flower Garden Malang

Bukit Bangkirai sendiri memiliki luas sekitar 1.500 hektar ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi serta didominasi oleh pohon pohon Bangkirai yang memiliki ketinggian mencapai 40 hingga 50 meter dan berdiameter 2,3 meter dan sudah hidup lebih dari 150 tahun (Karena alasan itulah kawasan ini disebut dengan kawasan Bukit Bangkirai). Bukit Bangkirai juga merupakan hutan konservasi yang bertujuan untuk menjaga dan mengembangkan monumen hutan alam tropika basah.


Daya tarik

Bukit Bangkirai tidak hanya menyuguhkan wisata Hutan Hujan Tropis yang mempesona, namun juga dapat mengembangkan adrenalin Anda dengan berbagai fasilitas yang disediakan pengelola, seperti menyebrangi sebuah jembatan gantung. Jembatan ini mempunyai panjang sekitar 64 meter serta menghubungkan 5 Pohon Bangkirai dengan ketinggian 30 – 40 meter yang tentu saja akan memberikan sensasi yang luar biasa ketika Anda sudah berada di tengah perjalanan kemudian angin menerpa yang otomatis akan membuat jembatan ini berayun-ayun dan menguji seberapa kuat adrenalin Anda.
Canopy Bridge Bukit Bangkirai
Canopy Bridge Bukit Bangkirai 
Sebelum Anda berada diatas canopy bridge (Jembatan Gantung) ini, Anda harus melewati beberapa track jalan serta tumpukan anak tangga yang cukup mendaki. Namun, dari atas Canopy Bridge anda juga bisa menikmati panorama hutan yang sangat mempesona dan bisa mengamati formasi tajuk tegakan “Dipteropcarpaceae” yang membentuk stratum sambung menyambung yang juga menjadi salah satu ciri khas hutan hujan tropis.

Baca juga : Gwanghwamun Plaza Spot Asyik Untuk Melihat Sejarah Korea

Semakin lama anda berada di atas canopy bridge, Anda akan segera dibuat melupakan ketakutan oleh ketinggian dan akan beralih pada decak kagum yang luar biasa oleh keindahan alam Borneo serta keindahan hutan hujan tropis Kalimantan yang menjadi salah satu paru-paru dunia.


Akses

Kawasan wisata Bukit bangkirai ini bisa diakses melalui kota Balikpapan dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam melalui perjalanan darat.serta juga bisa ditempuh dari kota Samarinda atau Tenggarong sengan jarak 150 km. Namun apabila ditempuh dari kecamatan Samboja hanya berjarak sekitar 20 km.

Para pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan kondisi Jalan ke kawasan wisata Bukit bangkiraiini terbilan cukup baik meskipun jalan di area pintu masuk tempat wisata agak bergelombang namun masih tergolong baik secara keseluruhan.


Tiket

Untuk menikmati wahana di kawasan wisata Bukit bangkirai ini para pengunjung dikenakan biaya masuk yang sangat murah yakni untuk orang dewasa hanya dengan Rp 3.500, sedangkan untuk anak-anak cukup membayar Rp 1.500 saja. Dan unutk biaya parkir kendaraan roda empat dikenakan Rp.5.000, dan kendaraan roda dua Rp. 3.000. Untuk merasakan sensasi serta menguji andrenalin saat melewati Canopy bridge anda perlu merogoh kocek Rp. 20.000 untuk WNI dan untuk wisatawan mancanegara Rp. 50.000.


Akomodasi dan Fasilitas Lain

Kawasan wisata Bukit bangkirai ini juga memiliki fasilitas-fasiitas yang cukup lengkap seperti tempat parkir yang cukup luas, terdapat gedung pertemuan yang mampu menampung 100 orang serta restoran dengan sajian menu yang bervariasi. Terdapat juga penginapan (cottage) dengan fasilitas yang memuaskan.

Artikel Terkait

3 comments

Tiket masuknya murah banget sih jadi pengen pergi kesana aku

Stlah mmbaca artikel ini, ane jd tau gan, thanks y


EmoticonEmoticon