Sunday 30 December 2018

Berkunjung Ke Pemakaman Gua Londa Toraja

GoodBackpacker - Apabila Anda sedang berada Tanah Toraja, Anda wajib mengunjungi Destinasi wisata yang satu ini namanya adalah Makam Gua Londa. Destinasi ini berada di Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi Lokasinya sekitar 7 kilometer arah Selatan Kota Rantepao Orang Toraja bilang.

Berkunjung Ke Pemakaman Gua Londa Toraja
Pemakaman Gua Londa Toraja
 Destinasi Makam Gua Londa memberikan sensasi yang berbeda dan tak lazim, sesuai dengan namanya para wisatawan akan mengunjungi sebuah makam di dalam gua. Namun, jangan takut dulu makam di Gua Londa tidak seperti makam pada umumnya. Tradisi ini terus  terjaga dari ratusan tahun lalu hingga sekarang membuat makam di Londa menjadi unik dan layak dikunjungi. Ada stilah yang terkenal dari orang Toraja adalah jika anda belum ke Londa maka Anda belum ke Toraja.

Akses ke Destinasi Makam Gua Londa juga mudah dan dapat dicapai dengan menggunakan berbagai kendaraan umum baik mobil, motor sewaan, bahkan tersedia ojek. Tiket ke Makam Gua Londa juga tergolong murah yakni sekitar Rp.10.000 para Wisatawan sudah bisa masuk ke area Makam Gua Londa ini. Selain itu Para wisatawan wajib membawa penerang untuk masuk ke Makam Gua Londa ini dan bagi wisatawan yang tidak membawa alat penerangan sendiri banyak pemandu yang akan membawa alat penerangan dengan biaya sewa yang terjangkau.

Saat akan memasuki Gua Londa para wisatawan harus melewati sejumlah anak tangga. Didalam Gua para wisatawan disuguhkan dengan gua alam yang dipenuhi labirin dengan stalagtit dan stalagmit yang sangat mempesona. Di tebing dalam gua juga terdapat erong (peti mati) yang diletakkan dicelah-celah batu dengan posisi yang sudah diatur berdasarkan posisinya makam akan menunjukkan strata sosial dari orang yang dimakamkan.

Menurut salah satu pemandu di Pemakaman Londa "Di dalam tebing Londa, juga ada beberapa erong yang diletakkan di lokasi yang lumayan tinggi, erong itu milik keluarga bangsawan, sehingga harus berada lebih tinggi dari yang lain. Dahulu, erong (peti mati) digantung dengan tujuan menghindari binatang buas dan pencurian karena di dalam erong juga disertakan barang-barang berharga milik yang meninggal,".
Berkunjung Ke Pemakaman Gua Londa Toraja
Gua Londa Toraja
Menelusuri Makam Gua Londa harus sedikit berhati-hati karena di beberapa bagian ketinggian gua hanya sekitar 1 meter sehingga para wisatawan harus berjalan membungkuk. Namun, tidak menyurutkan semangat untuk menyelesaikan perjalanan menelusuri Gua Makam Londa dan menjadi sebuah pengalaman yang tak akan didapatkan di tempat lain.

Meski perjalanan menyusuri Makam Gua Londa lumayan menguras tenaga. Parawisatawan dapat beristirahat di gazebo yang telah disediakan serta terdapat kios-kios yang menjual berbagai souvenir seperti ari miniatur tao-tao, ukiran dan pahatan ornamen Toraja, tas, selempang, kalung hingga ke kain tenun Toraja.

Artikel Terkait

1 comments so far


EmoticonEmoticon