Friday 28 December 2018

Cara Mudah Dan Lengkap Packing Ransel untuk Mendaki Gunung

GoodBackpacker - Sebelum melakukan Anda melakukan aktivitas mendaki gunung lebih baik persiapkan terlebih dahulu apa yang perlu digunakan seperti bahan makanan, perlengkapan selama pendakian seperti baju hangat,tenda dan berbagai barang-barang pendukung lainnya mutlak harus disiapkan oleh seorang pendaki sebelum mulai mendaki gunung.

Cara Mudah Dan Lengkap Packing Ransel untuk Mendaki Gunung
Packing Ransel(shutterstock)
Namun, kebanyakan para pendaki gunung pemula merasa kesulitan dalam mempersiapkan barang-barang tersebut yang nantinya akan dimasukkan ke dalam ransel.

Baca juga : 5 Tips Aman Buat Para Solo traveling

Dalam mengemas barang-barang diperlukan teknik-teknik yang harus dilakukan agar ransel lebih nyaman dibawa saat mendaki, hal ini dilakukan bertujuan untuk mengantisipasi perubahan cuaca serta kejadian yang akan dihadapi para pendaki.

Berikut cara mudah dan lengkap packing ransel untuk mendaki gunung :

1. Buat list perlengkapan barang-barang yang akan dibawa

List perlengkapan sangat berguna pada saat pengecekan barang sebelum dan sesudah mendaki serta dapat memudahkan proses pencarian apabila pendaki merasa kehilangan barang karena memberikan informasi barang-barang yang dibawa.

Daftar perlengkapan perlu ditulis mencakup informasi barang bawaan, merek, jumlah, warna, dan kepemilikan barang guna mencegah tertukar dengan pendaki lainnya.


2. Pisahkan barang menurut jenis

Sebelum Anda memasukkan barang ke dalam ransel, usahakan terlebih dahulu memisahkan barang-barang yang akan dibawa menurut jenis serta barang-barang juga bisa dipisahkan berdasarkan tingkat pentingnya penggunaan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pada saat mengambil barang di ransel.

Seperti, bahan-bahan makanan dapat disatukan berdasarkan perencanaan konsumsi harian serta baju hangat serta baju ganti bisa digabungkan dan bahan-bahan makanan dan alat masak bisa disatukan.
Cara Mudah Dan Lengkap Packing Ransel untuk Mendaki Gunung
Cara Mudah Packing (Shutterstock)

3. Balut barang dengan bahan kedap air

Guna mengantisipasi barang-barang bawaan basah pada saat diterpa hujan atau embun selama pendakian, usahakan barang-barang tersebut selalu dibalut dengan bahan kedap air seperti drybag, plastik, atau bahan kedap air lainnya. Terutama pada barang-barang elektronik seperti kamera saku, telepon genggang, headlamp, dan alat-alat kelistrikan serta pakaian dan peralatan pendukung.

Baca juga : Pantang Melakukan Ini Saat Traveling Menggunakan Pesawat

Lebih baik bagian dalam ransel juga dilapisi dengan kantong plastik dengan ukuran sesuai ransel sebelum barang-barang tersebut dimasukkan kedalam ransel guna menjaga barang-barangtersebut tetap kering dan aman.


4. Atur letak barang

Demi kenyamanan pada saat mendaki gunung perlu diperhatikan pada saat mengatur barang-barang dalam ransel, seperti mengatur penempatan barang-barang berdasarkan urgensi penggunaan serta berat barang.

Pada bagian paling atas bisa ditempati barang dengan tingkat urgensi penting seperti flysheet, jaket hujan,  baju tebal, makanan ringan, dan baju kering. Sementara dibagian paling bawah ransel bisa digunakan untuk baju ganti, tenda, dan kantung tidur. bagian ini disarankan untuk barang-barang ketika selesai melakukan pendakian dan berkemah.

Untuk barang-barang yang memiliki berat seperti air minum, lebih baik diletakkan di bagian ransel yang menempel ke punggung. Dan barang-barang pendukung seperti alat masak bisa diletakkan di bagian tengah dan pinggir. Serta barang-barang lain seperti matras, trekking pole dan kotak medis bisa diletakkan di sisi luar ransel.


5. Lebih baik meletakkan matras di luar atau di dalam?

Dalam meletakkan matras masing-masing cara peletakan matras ada kelemahan dan kelebihannya.

Bila matras diletakkan di luar, matras akan terasa sangat mengganggu apabila mendaki melewati jalur sempit serta dipenuhi dengan ranting-ranting, dan akan basah jika tak dilapisi dengan bahan kedap air. Namun memiliki kuntungan membuat daya tampung ransel lebih lega dan lebih mudah untuk digunakan bila tengah beristirahat.

Namun bila matras diletakkan di dalam, memiliki keuntungannya yakni bentuk ransel akan terlihat lebih kokoh, mudah memasukkan barang karena seperti sumur serta dapat mengurangi gesekan barang bawaan dengan ransel. Namun hal ini memiliki kelemahannya adalah daya tampung di dalam ransel akan berkurang, sulit mengeluarkan matras baik untuk beristirahat atau berkemah, dan tak bisa digunakan pada ransel yang berbentuk melengkung.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon